Rabu, 18 Juli 2012

Hari Gini Masih Curi Budaya? Huh Payah!

Haihoo blogger kece apa kabar? Udah lama nih gak posting tulisan terbaru (><), lagi miskin ide dicampur males, hehe.. #JanganDicontoh
Postingan kali ini gue dapet tugas untuk posting terkait kebudayaan di Indonesia. Awalnya gue bingung mau tulis apaan, sampe sekarang pun masih bingung mau nulis apa, jadi maaf ya kalau tulisannya agak random, muehehehe..

Setelah gue cari-cari referensi terkait kebudayaan di Indonesia, ternyata bener Indonesia itu kaya bahkan sangat kaya, kawan. Mulai dari pakaian adat, rumah adat, bahasa, prasasti, lagu-lagu, ornamen, tarian, cerita rakyat, permainan sampai senjata dan alat perang. Banyak banget kalau harus gue sebut satu persatu kebudayaan di negeri Indonesia ini. Nih gue kasih liat beberapa aja ya..
Rumah Adat Dalam Loka - Nusa Tenggara Barat
Baju Kampret - Jawa Barat

Tari Bidadari Teminang Anak - Bengkulu
Kain Sasirangan - Klaimantan Selatan

Gue kadang ngerasa kalau gue sebagai bagian dari negeri ini kurang memperhatikan masalah seperti ini. Gue terkesan acuh dan hanya sebatas tau tanpa gue ikut menjaga kekayaan di negeri Indonesia ini. Salah memang, dan harus segera di rubah. Kekayaan budaya Indonesia terlalu berharga hanya untuk dikenang lalu terabaikan.

Buktinya dengan kita bersikap seolah tak mempedulikan budaya Indonesia, ada beberapa negara yang akhirnya lebih memperhatikan budaya itu dan mengakui budaya tersebut adalah budaya dari leluhur mereka. Jadi sebenaranya siapa yang salah? Ya sudahlah tak usah mencari siapa yang salah dalam hal ini, termasuk hal apapun. Gue Cuma mau nyampein kalau sebelum kita melihat kesalahan orang lain sepatutnya kita lihat kesalahan diri kita sendiri. Oke, mereka juga salah karena mengakui kebudayaan negara kita, akan tetapi yang jauh lebih penting dari itu kita harus sadar bahwa kita selama ini kurang menjaga kebudayaan itu sendiri, dalam arti kata lain kita telah memberikan waktu kepada mereka untuk mengakui kebudayaan tersebut. Jadi jika tak ingin lagi budaya kita dicap sebagai budaya negeri lain, yuk kita bareng bareng jaga budaya itu. Dan untuk nengara-negara lain yang berniat mencuri dan men-cap budaya kami sebagai budaya kalian, please STOP! JANGAN CURI BUDAYA KAMI! Karena sikap kalian itu sama sekali gak keren, gak kreatif, gak gentel dan uh payah!

Oke, thanks buat kalian yang sempetin baca postigan gue kali ini. See you next time (^_^)

===================================
sumber photo: www.http://budaya-indonesia.org